Kamis, 06 Oktober 2011

Cirebon City Tour With MU P8

Gedung Walikota Cirebon
 Alhamdulillah di sela kesibukan setiap akhir pekan saya di Kuningan dan Cirebon, akhirnya bisa juga menyempatkan beberapa kali gowes city tour di kota Cirebon.
Cirebon termasuk kota tua di Jawa Barat, hal itu di dasari oleh banyaknya bangunan2 tua bersejarah dan juga cerita tentang kota Cirebon tersebut. Kebetulan saya suka gowes dan juga suka menikmati Arsitektur masa lalu, jadi setiap saya pergi ke sebuah kota sudah pasti bangunan2 peninggalan masa lalu menjadi salah satu interst saya yg akan saya kunjungi
Masjid peninggaln Sunan Gunung Jati berada di daerah Keraton Kasepuhan
.Sedikit cerita, Cirebon didirikan oleh Syarif Hidayatullah atau lebih di kenal Sunan Gunung Jati yang termasuk dalam Wali Songo dimana Cirebon merupakan salah satu kota besar di Jawa Barat yg berada di pesisir Pantai Utara Jawa, dengan adanya kelebihan dari sisi geografis yang berada di pesisir pantai maka kota Cirebon berkembang lebih pesat karena selain di bantu transportasi darat kota Cirebon juga bisa di akses dengan transportasi laut.
Gedung B A T berada di kawasan sekitar Pelabuhan Cirebon
 Di Cirebon sendiri terdiri dari beberapa etnis yg hidup berbaur satu sama lain, sebut saja Etnis Tionghoa, Arab, dan juga pribumi hidup berbaur dan tidak pernah ada konflik sara yg mengganggu satu sama lainnya.
Kuil Budha tertua di Cirebon, berada di kawasan sekitar Pelabuhan

 Di Cirebon sendiri sampai saat ini masih ada beberapa Keraton diantaranya Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kanoman dan hingga saat ini Keraton dan Sultan di Cirebon masih eksis dan terus berjalan sesuai aturan dari masing Keraton tersbut.


Gua Sunyaragi tempat dimana Raja Cirebon beristirahat dan bersemedi

 Selain Keraton di Cirebon sendiri juga ada bangunan2 tua yg hingga saat ini masih berfungsi dan masih terlihat kokoh, bangunan2 tersebut banyak berada di daerah pelabuhan seperti gedung BAT, gedung BI dan gedung2 lainnya di sekitar area pelabuhan.

Seperti kota-kota lainnya biasanya di area sekitar pelabuhan banyak terdapat bangunan-bangunan tua, itu di karenakan pada jaman dahulu daerah2 sekitar pelabuhan mernjadi pusat niaga karena dekat dengan keluar masuknya barang barang dari kota kota lainnya.
Bangunan tua di sekitar pelabuhan
 Selain peninggalan sejaran dan bangunan bersejarah di Cirebon sendiri banyak sekali makanan khas yg sudah pasti terkenal akan kelezatannya, sebutlah diantaranya : Empal Gentong, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Docang, Mie Koclok Cirebon, dan lain sebagainya.
Nasi Jamblang
 Setelah berkeliling kota Cirebon dan menikmati makanan khas kota tersebut, ini baru dari Cirebon belum lagi dari kota-kota lain di Indonesia begitu kaya Negara ini akan peninggalan2 masa lalu dan itu merupakan jati diri bangsa ini.
Mereka nenek moyang kita bisa mewariskan ini kepada kita,.. lalu apa yang bisa kita wariskan kepada anak cucu kita? kita merasa bangga kepada nenek moyang kita yang bisa mewariskan ini semua, apakah anak cucu kita akan bangga dengan apa yg akan kita wariskan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar