Selasa, 29 Maret 2011

Kuningan itu indah dan menyenangkan,..



Setiap mendengar kata kuningan yg terpikirkan oleh saya adalah kampung halaman, walaupun hanya memegang status keturunan, namun kuningan sudah menadi bagian dalam hidup saya.
Rasa ingin membangun kota tersebut sampai saat ini tidak pernah mati bahkan seperti kurang pas dalam hidup ini apabila saya tidak sampai memberikan sesuatu yg positif buat kota tersebut, paling tidak mencoba balas budi kepada orang tua juga kedua mertua untuk membangun kota kelahirannya.

Kuningan itu Indah, apabila anda orang kuningan atau pernah ke kuningan,.. tolong sampaikan cerita itu, kata-kata itu kepada siapapun, agar mereka tau dan bisa menikamti keindahan kota Kuningan. Gunung Ciremai yg identik dengan kota kuningan adalah gunung tertinggi di provinsi Jawa Barat sudah pasti keindahan panorama, kesejukan udara, keramah tamahan penduduknya tersaji dengan baik di kota ini Selain Taman Nasional Gunung Ciremai masihbanyak lagi tempat wisata di Kuningan diantaranya adalah Waduk Darma, Pemandian air panas Sangkanurip, Curug Sidomba, Gedung bersejaran Perjanjian Linggar Jati dan masih banyak lagi, selain tempat wisata Kuningan juga terkenal dengan kelezatan Peuyeum ketan yg di bungkus oleh daun jambu dan biasanya di jajakan dengan menggunakan ember.


Namun  yg cukup menyayat hati adalah berdasarkan informasi yg di dapat, ternyata kuningan adalah kota yg memiliki pendapatan daerah  terkecil di Jawa Barat bisa di katakan masuk dalam kota termiskin di provinsi Jawa Barat,. What??? Tapi itu lah kenyataannya. Mengapa bisa sampai seperti ini? Sumber daya alam kuningan sangat baik, potensi wisata tidak kalah dengan kota lain di Jawa Barat, tapi mengapa semua ini tidak maksimal di berdayakan, mengapa sepertinya Pemda setempat sulit sekali menarik perhatian para Investor atau mungkin belum menemukan formula yg tepat untuk membangun Kuningan. Bila di bandingkan dengan kabupaten atau kota2 lain di Jawa Barat dari sisi Industri baik rumahan, usaha kecil maupun industry skala besar Kuningan memang tertinggal, saya pikir itu juga yg harus di tingkatkan, jiwa entrepreneur masyarakat kuningan harus terus di gali dan di kembangkan, saya sangat yakin apabila itu semua di tingkatkan dan terus di kembangkan Kuningan akan sejajar dengan kota-kota lain di Jawa Barat

Semoga Kuningan bisa lebih maju lagi baik kotanya maupun masyarakatnya, dan saya berharap biarkan Kuningan ASRI seperti ini jangan biarkan Mall merusak pasar tradisional, merusak pedagang kecil, karena kemajuan suatu kota tidak hanya di ukur dari keberadaan Mall atau pusat perbelanjaan yg pada akhirnya dapat merubah gaya hidup masyarakatnya (bukan bermaksud untuk mengisolasi namun menjaga agar gaya hidup dan kebudayaan tetap bertahan seperti sedia kala). Tingkatkan terus pertumbuhan infrastruktur agar daerah daerah terpencil tidak terisolasi dan bisa berhubungan juga berniaga dengan mudah dengan daerah lainnya. Mengapa harus pergi ke kota besar apabila di kota sendiri masih menjanjikan untuk berkembang dan mendapakan hidup yg lebih baik,.. mengapa??

8 komentar:

  1. ah masa sih indah..????
    buktiin donk dengan ngajak gw ke kuningan :)

    BalasHapus
  2. hahahahaha,.. gini aja deh,..
    KAPAN??? gw siap mebuktikannya,.. hehehehe

    BalasHapus
  3. Emang bro kuningan tuh bener2 ngangenin.. gimana ngga ? Dr jaman gw TK uda tiap taun kesana, baik pas lebaran atau pas ada acara kluarga.. smua yg pernah gw datengin slalu ngangenin, btw gw baru tau ada tempat yg mantep bgt diatas bukit (kafe strawberry) gile kmaren pas ksana backgroundnya sungguh indah..

    Kalo aja jakarta - kuningan 2 jam mngkn gw bakal bolak balik tiap hr kesana..

    God Bless my village
    Maleber, rancakeusik, luragung, mancagar, langseb..... mantappp

    BalasHapus
  4. belum pernah jalan-jalan ke kuningan hehuheuhue...

    soalnya rute kuningan biasanya cuma hanya lewat :D

    BalasHapus
  5. Indri, kapan pada mau ke kuningan? ajak temen2 nanti nginepnya di rumah aja,. ayu atuh,.. kapan?

    BalasHapus
  6. saya bangga sebagai putra asli kuningan.sungguh ini bukan sekedar promosi,walaupun lama di negri orang namun tetap satu keinginan yaitu pulang ke kampung halaman tercinta....kuningan.

    BalasHapus
  7. http://www.ciremaipost.com/

    BalasHapus